Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk
memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep
materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar, karena
materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna
bagi peserta didik.
Tujuan
pembelajaran tematik terpadu adalah:
1.
mudah memusatkan
perhatian pada satu tema atau topik tertentu
2.
Mempelajari
pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema
yang sama
3.
Memiliki pemahaman
terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan
4.
Mengembangkan
kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai mata pelajaran lain
dengan pengalaman pribadi peserta didik
5.
Lebih bergairah
belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti:
bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain.
6.
Lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena
materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas
7.
Guru dapat menghemat waktu, karena mata pelajaran
yang disajikan secara terpadu dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam
2 atau 3 pertemuan bahkan lebih dan atau pengayaan.
8.
Budi pekerti dan
moral peserta didik dapat ditumbuh kembangkan dengan mengangkat sejumlah nilai
budi pekerti sesuai dengan situasi dan kondisi.
B. Ciri-ciri Pembelajaran Tematik Terpadu
1. Berpusat pada anak
1.
Memberikan pengalaman
langsung pada anak
2.
Pemisahan antara mata
pelajaran tidak begitu jelas (menyatu dalam satu pemahaman dalam kegiatan)
3.
Menyajikan konsep
dari berbagai mata pelajaran dalam satu proses pembelajaran (saling terkait
antara mata pelajaran yang satu dengan lainnya)
4.
Bersifat luwes
(keterpaduan berbagai mata pelajaran)
5.
Hasil pembelajaran
dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak (melalui penilaian
proses dan hasil belajarnya)
No comments:
Post a Comment