Tuesday, December 24, 2013

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KELAS I

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KELAS I


PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

1.1    Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2    Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
1.3    Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4    Terbiasa bersuci sebelum beribadah
1.5    Terbiasa membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1    Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah SAW
2.2    Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31): 14
2.3    Memiliki perilaku hormat kepada sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.4    Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.5    Memiliki sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas
2.6    Memiliki sikap yang baik ketika berbicara sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 83
2.7    Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‟Alaq (96): 1-5
2.8    Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

3.1    Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
3.2    Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ‟Alaq (96): 1-5
3.3    Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
3.4    Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama
3.5    Mengenal makna do‟a sebelum dan sesudah belajar
3.6    Mengenal tata cara bersuci
3.7    Memahami shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
3.8    Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
3.9    Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
3.10Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
3.11Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s
3.12Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
3.13Memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
3.14Memahami perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

4.1          Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
1.2.1     Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dan Al ‟Alaq (96): 1-5 dengan benar dan jelas
1.2.2     Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
1.3         Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
1.4         Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
1.5         Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
1.6         Mempraktikkan tata cara bersuci
1.7.1     Melaksanakan shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
1.7.2     Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
1.7.3     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
1.7.4     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
1.7.5     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
1.7.6      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s
1.7.7     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
1.7.8     Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
1.7.9     Mencontohkan perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga


PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2       Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2       Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3       Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2       Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.3       Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah
3.4       Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
4.2       Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
4.3       Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.4       Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah

BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1         Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2         Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1         Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2         Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3         Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.4         Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5         Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
3.1         Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.2         Menegenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3         Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4         Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.5         Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1         Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.2         Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3         Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4         Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis  yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5         Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

 

MATEMATIKA

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap objektif dan menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

1.1    Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
1.2    Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
1.3    Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
1.4    Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
1.5    Menemukan bangun yang membentuk pola pengubinan sederhana
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

4.1    Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.2    Menggunakan benda konkrit untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang
4.3    Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
4.4    Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
4.5    Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya
4.6    Melakukan pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu
4.7    Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
4.8    Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya
4.9    Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal
4.10Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf


SENI BUDAYA dan PRAKARYA

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menerima, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1         Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1         Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
2.2         Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3         Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah
3.1         Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
3.2         Mengenal  pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis
3.3         Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari
3.4         Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya
3.5         Mengenal karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1      Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.2      Membuat karya seni rupa dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak sederhana menggunakan bahan alam
4.3      Menggambar dengan memanfaatkan beragam media kering
4.4      Membentuk karya seni rupa dari bahan lunak
4.5      Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak
4.6      Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dengan tepuk dan gerak
4.7      Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
4.8      Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dan tiga dengan alat musik ritmis
4.9      Melakukan gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar
4.10     Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan rangsangan bunyi
4.11     Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan level tinggi, sedang, dan rendah
4.12     Melakukan gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan level tinggi, sedang, dan rendah dengan iringan
4.13     Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel
4.14     Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel bentuk pola dan alur sederhana
4.15     Membuat karya kreatif fungsional dari bahan lunak buatan
4.16     Menyajikan jenis bahan makanan umbi-umbian dengan olahan sederhana
4.17     Menceritakan karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat




PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PENJASORKES)

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1         Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman , dan guru
2.1          Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2          Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3          Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4          Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5          Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6          Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7          Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah
4.1          Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2          Mengetahui konsep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3          Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.4          Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.5          Mengetahui konsep berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang /samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.6          Mengetahui konsep penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
4.7          Mengetahui perbedaan bergerak di air dan di darat dalam aktivitas air.
4.8          Mengetahui bagian-bagian tubuh sendiri, kegunaan, dan cara menjaga kebersihannya terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki, serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan.
4.9          Mengetahui dampak jangka pendek selama dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1          Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2          Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3          Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.4          Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhanadan dan atau tradisional.
4.5          Mempraktikkan berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki) dan pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayu, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.6          Mempraktikkan penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
4.7          Mempraktikkan berbagai bentuk permainan pengenalan air dalam aktivitas air.*
4.8          Mempraktikkan cara memelihara dan menjaga kebersihan bagian-bagian tubuh sendiri terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki, serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan.
4.9          Menceritakan dampak jangka pendek selama dan setelah melakukan aktivitas fisik.

No comments:

Post a Comment