KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KELAS I
PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DAN BUDI PEKERTI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Terbiasa
berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S.
Al-Fatihah
1.2
Meyakini
adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
1.3
Mensyukuri
karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan
Q.S. Al-Ikhlas
1.4
Terbiasa
bersuci sebelum beribadah
1.5
Terbiasa
membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1
Memiliki
sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah
SAW
2.2
Memiliki
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Luqman (31): 14
2.3
Memiliki
perilaku hormat kepada sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.4
Memiliki
sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi
Muhammad SAW
2.5
Memiliki
sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas
2.6
Memiliki
sikap yang baik ketika berbicara sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Baqarah (2): 83
2.7
Memiliki
perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‟Alaq
(96): 1-5
2.8
Memiliki
perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai
implementasi pemahaman makna bersuci
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengetahui
huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
3.2
Mengenal
pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ‟Alaq
(96): 1-5
3.3
Mengenal
makna Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
3.4
Mengenal
makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama
3.5
Mengenal
makna do‟a sebelum dan sesudah belajar
3.6
Mengenal
tata cara bersuci
3.7
Memahami
shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui
pengamatan
3.8
Mengenal
kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
3.9
Mengenal
kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
3.10Mengenal
kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
3.11Mengenal
kisah keteladanan Nabi Hud a.s
3.12Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
3.13Memahami
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
3.14Memahami
perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Melafalkan
huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
1.2.1
Melafalkan
Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dan Al ‟Alaq (96): 1-5 dengan benar dan
jelas
1.2.2
Menunjukkan
hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
1.3
Melafalkan
Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
1.4
Melafalkan
dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
1.5
Melafalkan
doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
1.6
Mempraktikkan
tata cara bersuci
1.7.1
Melaksanakan
shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui
pengamatan
1.7.2
Mencontohkan
kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
1.7.3
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
1.7.4
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
1.7.5
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
1.7.6
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s
1.7.7
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
1.7.8
Mencontohkan
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
1.7.9
Mencontohkan
perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
|
PENDIDIKAN PANCASILA DAN
KEWARGANEGARAAN (PPKn)
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2
Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan
moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku patuh pada
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
2.3
Menunjukkan
perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
|
3.1
Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2
Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
3.3
Mengenal
keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah
3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
4.3 Mengamati dan
menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah
|
BAHASA
INDONESIA
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang
Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan
sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2
Menerima keberadaan Tuhan Yang
Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di
alam sekitar
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
|
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa
ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2
Memiliki rasa percaya diri
terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daerah
2.3
Memiliki perilaku santun dan
sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa
daerah
2.4
Memiliki kedisiplinan dan
tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5
Memiliki perilaku santun dan
jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
|
3.1
Mengenal teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
3.2
Menegenal teks petunjuk/arahan
tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3
Mengenal teks terima kasih
tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
3.4
Mengenal teks cerita
diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.5
Mengenal teks diagram/label
tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mengamati dan menirukan teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.2
Mempraktikkan teks
arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3
Menyampaikan teks terima kasih
mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4
Menyampaikan teks cerita
diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5
Membuat teks diagram/label
tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
|
MATEMATIKA
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1
Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2
Memiliki
rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3
Memiliki
sikap objektif dan menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
1.1
Mengenal
lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang
sederhana
1.2
Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan
sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
1.3
Menunjukkan
pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari
20
1.4
Mengenal
bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain.
1.5
Menemukan
bangun yang membentuk pola pengubinan sederhana
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1
Mengurai
sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau
pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan
jawaban
4.2
Menggunakan
benda konkrit untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang
4.3
Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta
memeriksa kebenarannya
4.4
Mendeskripsikan,
mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
4.5
Membentuk
berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya
4.6
Melakukan
pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu
4.7
Membentuk
dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar
yang sudah ada
4.8
Mengelompokkan
teman sekelas berdasarkan tinggi badannya
4.9
Mengumpulkan
dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit
dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal
4.10Membaca
dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan
piktograf
|
SENI BUDAYA
dan PRAKARYA
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1
Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya
seni
2.2
Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni
2.3
Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah
|
3.1
Mengenal cara
dan hasil gambar ekspresi
3.2
Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat
musik ritmis
3.3
Mengenal
unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam
menari
3.4
Mengamati
berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya
3.5
Mengenal karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar
4.2 Membuat
karya seni rupa dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak sederhana
menggunakan bahan alam
4.3 Menggambar
dengan memanfaatkan beragam media kering
4.4 Membentuk
karya seni rupa dari bahan lunak
4.5 Menyanyikan
lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak
4.6 Memainkan
pola irama lagu bertanda birama dua dengan tepuk dan gerak
4.7 Menyanyikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
4.8 Memainkan
pola irama lagu bertanda birama dua dan tiga dengan alat musik ritmis
4.9 Melakukan
gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan alam di
lingkungan sekitar
4.10
Menirukan
gerak alam di lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan
badan berdasarkan rangsangan bunyi
4.11
Menirukan
gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan level tinggi, sedang, dan
rendah
4.12
Melakukan
gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan level tinggi, sedang, dan
rendah dengan iringan
4.13
Membuat karya
kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan
melipat, menggunting dan menempel
4.14
Membuat karya
kreatif dengan mengolah bahan alam melalui kegiatan melipat, menggunting, dan
menempel bentuk pola dan alur sederhana
4.15
Membuat karya
kreatif fungsional dari bahan lunak buatan
4.16
Menyajikan
jenis bahan makanan umbi-umbian dengan olahan sederhana
4.17
Menceritakan karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat
|
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN
KESEHATAN (PENJASORKES)
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah
Tuhan yang tidak ternilai
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman , dan guru
|
2.1
Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3
Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5
Toleransi
dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6
Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7
Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah
|
4.1
Mengetahui
konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2
Mengetahui
konsep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3
Mengetahui
konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.4
Mengetahui
konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.5
Mengetahui
konsep berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan
lengan depan/belakang /samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri
dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun,
melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.6
Mengetahui
konsep penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan
irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
4.7
Mengetahui
perbedaan bergerak di air dan di darat dalam aktivitas air.
4.8
Mengetahui
bagian-bagian tubuh sendiri, kegunaan, dan cara menjaga kebersihannya
terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki,
serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan.
4.9
Mengetahui
dampak jangka pendek selama dan setelah melakukan aktivitas fisik.
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mempraktikkan
pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2
Mempraktikkan
pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3
Mempraktikkan
pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.4
Mempraktikkan
aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dan kecepatan
tubuh melalui permainan sederhanadan dan atau tradisional.
4.5
Mempraktikkan
berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan
depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan
salah satu kaki) dan pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayu, melayang
di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.6
Mempraktikkan
penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
4.7
Mempraktikkan
berbagai bentuk permainan pengenalan air dalam aktivitas air.*
4.8
Mempraktikkan
cara memelihara dan menjaga kebersihan bagian-bagian tubuh sendiri terutama
badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki, serta
menjaga kebersihan pakaian yang digunakan.
4.9
Menceritakan
dampak jangka pendek selama dan setelah melakukan aktivitas fisik.
|
No comments:
Post a Comment