SILABUS KELAS: 1
TEMA: LINGKUNGANKU
BERSIH DAN SEHAT
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
PPKn
·
Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya
diri) dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila. (KI-2,KD-1)
·
Memiliki sikap dan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah. (KI-2,KD-2)
|
·
Menyebutkan
perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang,
dan percaya diri) dalam
berinteraksi dengan keluarga
·
Menyebutkan
perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang,
dan percaya diri) dalam berinteraksi
dengan teman.
· Menyebutkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
· Memberikan contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan
yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah.
· Memberikan contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan
yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
|
Kegiatan pembelajaran pada tema ini
akan ditempuh dalam 4 minggu
● MINGGU PERTAMA
PENILAIAN
1. Lisan
2. Unjuk kerja
3. Pengamatan
4. Tertulis
● MINGGU KEDUA
PENILAIAN
1. Lisan
2. Unjuk kerja
3. Pengamatan
4. Tertulis
MINGGU KETIGA
PENILAIAN
1. Lisan
2. Unjuk kerja
3. Pengamatan
4. Tertulis
MINGGU KEEMPAT
PENILAIAN
1. Lisan
2. Unjuk kerja
3. Pengamatan
4. Tertulis
|
35 menit x 30 JP x 4 minggu
|
1.
Diri anak
2.
Lingkungan
keluarga
3.
Lingkungan sekolah
4.
Buku Tematik
Kelas I
5.
Buku Pengembangan
Diri Anak
6.
Video/slide/gambar
tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting,
lipat dan tempel
7.
Gambar/contoh
langsung karya cetak dengan berbagai
bahan alam dan bentuk
8.
Gambar/contoh
langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola
dan alaur sederhana
9.
Buku kirigami (seni
mengunting)
|
·
Mengetahui tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah (KI-3, KD-2)
|
· Menyebutkan contoh – contoh aturan/kebiasaan yang berlaku
dalam kehidupan sehari – hari di rumah.
· Menyebutkan contoh – contoh tata tertib yang berlaku dalam
kehidupan sehari – hari di sekolah
|
|
10.
Buku Pengembangan
Diri Anak
|
|
BAHASA INDONESIA
·
Membacakan doa
dengan pengucapan yang baik (KI-1,KD-3)
·
Mendengarkan
cerita dan puisi tentang perilaku terpuji (perhatian pada sesama makhluk
hidup dan lingkungannya) (KI-1, KD-4)
|
·
Bersikap khusuk
(menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
·
Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
·
Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
·
Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
·
Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
·
Mengenali perilaku terpuji dari cerita yang dibacakan
· Mengenali
perilaku terpuji dari puisi yang dibacakan
|
|
|
|
·
Menunjukkan perilaku pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi,
lingkungan yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk
hidup (KI-2, KD-3)
|
·
Menyebutkan
bagian-bagian tubuh (kepala, badan,
dan kaki)
·
Menyebutkan bagian
tubuh yang terdapat di kepala (rambut, telinga, hidung, lidah, kulit dan
gigi) dan kegunaannya
·
Membiasakan merawat
tubuh secara teratur dan benar, misalnya: mandi, menggosok gigi, membersihkan
hidung, menggunting kuku, dan cuci tangan sebelum makan.
·
Menyebutkan kapan
harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
·
Menyebutkan kebutuhan
tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan
makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
· Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
|
|
|
|
· Mengenali melalui pengamatan terhadap objek, bentuk benda,
wujud benda, serta perubahan benda yang berada di sekitar rumah, jalan, dan
sekolah (KI-3, KD-1)
· Memahami isi cerita melalui mendengarkan cerita yang
dibacakan orang lain dengan penuh
perhatian dan mengajukan pertanyaan (KI-3, KD-2)
|
·
Menyebutkan contoh benda berbentuk bulat,
segitiga, tabung, kubus, kotak, dan balok.
·
Menyebutkan contoh benda padat dan benda cair yang ada di lingkungan
sekitar.
·
Membedakan benda padat dan benda cair berdasarkan ciri-cirinya
·
Mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair
dan sebaliknya.
·
Menyebutkan nama-nama tokoh dalam cerita
·
Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
·
Menyebutkan urutan peristiwa
·
Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan sifat-sifat tokoh
|
|
|
|
·
Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi
tentang data diri, bagian tubuh dan
kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat, lingkungan sekitar , buah, tanaman, dan masakan (KI-4, KD-1)
·
Menceritakan hasil
pengamatan di rumah, jalan, sekolah dengan kalimat sederhana (KI-4, KD-2)
·
Mengamati tentang
diri, makhluk hidup dan benda di sekitar dan menceritakan kepada orang lain (KI-4, KD-5)
·
Menulis kalimat pendek (2–4 kata) yang didiktekan guru dengan huruf lepas (KI-4, KD-7)
·
Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk,
jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih
tempat dengan cahaya yang terang) (KI-4, KD-8)
·
Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara
memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih
tempat dengan cahaya yang terang) (KI-4, KD-9)
|
·
Menyebutkan nama diri
·
Menyebutkan
bagian-bagian tubuh (kepala, badan,
dan kaki)
·
Menyebutkan bagian
tubuh yang terdapat di kepala (rambut, telinga, hidung, lidah, kulit dan
gigi) dan kegunaannya
·
Membiasakan merawat
tubuh secara teratur dan benar, misalnya: mandi, menggosok gigi, membersihkan
hidung, menggunting kuku, dan cuci tangan sebelum makan.
·
Menyebutkan kapan
harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
·
Menyebutkan kebutuhan
tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan
makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
·
Membedakan lingkungan
sehat dan tidak sehat
· Menceritakan posisi batas rumah (tetangga/ jalan,/kantor,
dll)
·
Menceritakan dengan kalimat
sederhana hasil pengamatan tentang
letak sekolah
·
Menyebutkan
bagian-bagian tubuh dirinya
·
Menyebutkan
bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan yang utama
·
Menceritakan
bagian-bagian tubuh dirinya dan
makhluk hidup dengan bahasa sederhana dan sopan
·
Menceritakan
benda-benda yang terdapat di sekitarnya dengan bahasa yang sederhana dan
sopan
·
Menulis dengan
tepat kalimat yang didengar dari guru dengan huruf lepas tegak
·
Menuliskan kalimat
yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
•
Berposisi duduk
secara benar
•
Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
•
Memegang teks bacaan dengan tepat
•
Membalik halaman buku dengan benar
•
Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
•
Berposisi duduk
secara benar
•
Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
•
Memegang alat tulis dengan tepat
•
Memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang
•
Menulis huruf lepas
•
Merangkai huruf menjadi kata
|
|
|
|
MATEMATIKA
§ Menunjukkan perilaku rapi dengan menata benda-benda di
sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang),
beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
|
§ menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan
ukurannya
§ menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan
beratnya
§ menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan urutan
kelompoknya
§ Meletakkan benda dengan tepat ke dalam kelompok benda sehingga rapi
§ menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan ukuran
bentuk permukaannya
§ menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan
kriteria lainnya (warna atau lainnya)
|
|
|
|
§ Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih
berat, lebih ringan)
|
§ Memberi contoh benda yang lebih
berat atau lebih ringan dari benda lain dengan membandingkannya secara manual
(memegang) atau menggunakan alat
§
Mengukur berat benda dengan satuan tak baku menggunakan timbangan,
jungkat jungkit, atau neraca
§ Memilih
jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau
sekelompok benda sesuai dengan beratnya
|
|
|
|
§ Menentukan pola dari sebarisan bangun
datar sederhana
|
§ Menyusun
sebarisan bangun datar sederhana dengan kriteria atau aturan yang diberikan
§ Menjelaskan
hasil pengamatan dari pola sebarisan bangun datar sederhana
§ Menempatkan
bangun datar yang tepat pada sebarisan bangun datar sederhana sesuai dengan
polanya
§ Menjelaskan
hasil pengamatan dari pola dari benda-benda di lingkungan sekitar
|
|
|
|
·
PENJAS ORKES
|
|
|
|
|
·
Mempraktikkan pola
gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (konsep : tubuh, ruang, hubungan, dan
usaha) dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
|
· Menunjukkan kerjasama, percaya diri selama mempraktikkan aktivitas gerak kebugaran
|
|
|
|
Mempraktikkan pola
gerak dasar non-lokomotor yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional
·
|
·
Memperagakan gerak
dasar mengayun
|
|
|
|
·
Mempraktikkan pola
gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional
|
·
Memperagakan gerak
dasar melemparkan benda
|
|
|
|
· Mempraktikkan
berbagai pola gerak dominan dalam senam (mendarat, gerak berpindah,
ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian)
|
·
Mempraktikkan
gerak melompat, melayang di urada dan
mendarat dengan ke dua kaki
|
|
|
|
·
Mempraktikkan pola
gerak dasar senam ritmik sederhana
menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
musik
|
·
Mempraktikan gerak
melangkah ke berbagai arah berirama
|
|
|
|
·
SENI BUDAYA
|
|
|
|
|
·
Merasakan
keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan (KI-1,KD-1)
|
· Memiliki kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan
Tuhan
· Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai
anugerah Tuhan
|
|
|
|
·
Menunjukkan
percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari (KI-2,KD-1)
·
Mengenal tanggung
jawab dan peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya (KI-2,KD-4)
·
|
·
menampilkan karyanya
sendiri didepan temannya
·
mengungkapkan
pendapat di depan kelompok
·
memutuskan karya apa
yang akan dibuatnya
·
memperhatikan
lingkungan sekitar secara seksama
·
merawat lingkungan
sekitar secara sadar
·
menunjukkan
kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
menunjukkan sikap
tanggung jawab pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
|
|
|
|
·
Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis
(KI-3,KD-2)
· Mengamati berbagai bahan, alat, serta fungsi dalam membuat
karya (KI-3,KD-4)
|
·
Menyebutkan pola irama rata
·
Membedakan pola irama rata
·
Menyebutkan alat-alat musik
ritmis sederhana
·
Mengenal judul lagu dan
iringannya
· Mengidentifikasi
bahan alam yang sesuai untuk kegiatan lipat gunting-tempel
· Membedakan berbagai bahan alam, alat
serta fungsi dalam membuat karya
· Membuat rancangan gambar pembuatan karya
kreatif
|
|
|
|
· Memainkan pola irama
lagu bertanda birama dua dengan tepuk dan
gerak (KI-4,KD-6)
·
Membentuk karya seni
dari bahan lunak (KI-4, KD-4)
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment