1. Menentukan tema.
Tema dapat ditetapkan oleh pengambil kebijakan, guru, atau ditetapkan bersama dengan peserta didik.
2.
Mengintegrasikan
tema dengan kurikulum.
Pada tahap ini guru harus mampu mendesain tema
pembelajaran dengan cara terintegrasi sejalan dengan tuntutan kurikulum, dengan
mengedepankan dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
3.
Mendesain rencana
pembelajaran.
Tahapan ini
mencakup pengorganisasian sumber belajar, bahan ajar, media belajar, termasuk kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk menunjukkan suatu tema pembelajaran
terjadi dalam kehidupan nyata. Misalnya, pembelajaran di kelas yang didasarkan atau
diperkaya hasil karya wisata, kunjungan ke museum,
dan lain-lain.
4.
Melaksanakan Aktivitas Pembelajaran.
Tahapan ini memberi peluang peserta didik untuk mampu berpartisipasi dan memahami berbagi persepektif dari suatu tema. Hal
ini memberi peluang bagi guru dan
peserta didik melakukan eksplorasi
suatu pokok bahasan.
No comments:
Post a Comment